Opini : Bebek semakin nyungsep, perubahan pardigma..?!?

Data-data yang dirilis dari Pak Edo mengenai penjualan motor jenis bebek di tanah air sebenarnya tidak lah mengheran kan karena memang TB sudah memperkirakan akan keadaan tersebut di sini

Melihat penurunan yang cukup drastis di angka 35%an sepanjang tahun 2012 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011 tentu membuat setiap ATPM berusaha keras untuk menangkap arah pergeseran tersebut. Arah pergeseran memang sudah jelas, selain memang terjadi pelambatan pertumbuhan karena pasar yang jenuh, meningkatnya kesejahteraan membuat pilihan bagi konsumen juga tidak hanya pada segmen roda dua saja.
Di segmen roda dua, pasar bertumbuh tipis disegmen matik dan lumayan disegmen sport, artinya semua penurunan bebek belumlah terserah ke matik dan sport. Kemana ??? Pastinya ada sebagian yang memutuskan berpindah ke roda empat dan memang pasar terjadi perlambatan pertumbuhan akibat jenuhnya pasar roda segmen tersebut.
Nah kondisi ini tentu harus disikapi oleh ATPM tentu dengan tidak berdiam diri karena jika tanpa inovasi dalam produk bebek mereka dijamin penurunan akan lebih cepat dari kompetitor yang ada.Segmen bebek tidaklah akan habis tetapi memang akan turun sesuai dengan pergeseran paradigma konsumen yang semakin pandai memilah manfaat dari produk yang ada, pingin praktis pakai matik pingin gagah ya pakai sport.
Inovasi terhadap bebek diperlukan agar value bebek yang serba nanggung menjadi terangkat lagi, contoh sederhana adalah kasus Suzuki Satria FU yang berinovasi menjadi bebek super dengan menggendong mesin 150cc DOHC, sudah jelas bagaimana pasar dan hasil dari segmen yang diciptakan oleh jagoan Suzuki ini.
Bagaimana dengan ATPM lain, pilihannya cuma dua : Inovasi atau mati :mrgreen: :mrgreen:

Iklan

4 comments on “Opini : Bebek semakin nyungsep, perubahan pardigma..?!?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s