Opini : Matik Retro = Scoopy diuntungkan sebagai first mover ?!?

Setelah membahas mengenai mulai menurunnya potensi Retro Matic besutan pabrikan Jepang, yang terparah dialami oleh Mio Fino besutan Yamaha. Sedangkan kompetitor terdekatnya Honda Scoopy justru masih dapat menikmati legitnya pasar Retro Matic tanah air.

Scoopy walau juga turun tetapi masih memiliki angka di atas 10.000an unit per 3 bulan terakhir. Apa penyebabnya lantas kenapa sang kompetitor begitu terpuruk.
Matik Retro memang memiliki peminat tersendiri walaupun pasarnya tidak lah sebesar matik pada umumnya. Disinilah kejelian AHM melihat potensi dan menangkap suara dari konsumen dengan memasukkan matik retro ini kepasar Indonesia. Akibatnya bagi penjualan matik Honda keseluruhan pada waktu itu sangat membantu pangsa kue matik Honda secara nasional. Sebagai first mover dan bermain sendiri, tentu menjadikan Scoopy sebagai pioner dan memberikan mindset yang baik ke konsumen. Berbeda dengan bebek matik yang memang belum bisa diterima oleh konsumen Indonesia.
Dengan memiliki point penting sebagai first mover yang membuat mindset konsumen ke matik retro ada pada Scoopy tentunya, sehingga membuat Scoopy mempunyai daya tahan tersendiri ditengah penurunan trend matik retro pada umumnya.
Nah sampai dimana pertahanan ini berlangsung, jawabnya tergantung AHM itu sendiri, refreshment dengan pemberian warna yang eye catching seperti di tanah Thailand, dan juga info yang TB dengar dari komentar pembaca yaitu penyematan fitur PGM FI wajib dilakukan di tahun 2013 sehingga menjadi nilai jual tersendiri bagi Scoopy

Kemudian desain Scoopy kudu juga berada dipertengahan antara rasa Eropa yang dominan elegan dan rasa asia yang angresif dan racing look. Dengan terus melakukan perubahan-perubahan dengan berdasarkan mindset yang diinginkan oleh konsumen, Scoopy harusnya bisa terus eksis bermain di ceruk kecil namun menguntungkan juga.
Tinggal munggu Zoomer masuk Indonesia. :mrgreen: :mrgreen:

6 comments on “Opini : Matik Retro = Scoopy diuntungkan sebagai first mover ?!?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s