Opini : Pasar Matik Retro mulai jenuh ?!?

Melihat pergerakan penjualan Yamaha Fino (data Honda Scoopy belum keluar sama juragan data) yang dapat pembaca simak di sini. terlihat suatu penurunan yang sangat signifikan.


Penurunan yang sangat dahsyat, tidak sampai satu tahun penjualan yang pada awalnya moncerrr layu sebelum berkembang. Bagaimana dengan kompetitornya Scoopy, TB menganalisa walaupun data empiris belum terlihat Scoopy jauh lebih baik. Lantas apakah matik retro sudah mulai jenuh atau ada kesalahan strategy sendiri dalam masuk kepasar retro.
Honda Scoopy sebenarnya adalah tolak ukur bagaimana pencapain distribusi nya merupakan cerminan dari pangsa pasar yang ada untuk segmen ini, penyimpangan tidaklah akan jauh sehingga kalau target terlalu tinggi jika sudah lewati masa transisi tiga bulan pertama dari peluncuran maka sejati asli produk terlihat secara nyata.
Suzuki mencoba mensiati ini dengan membedakan diri dengan tag fasionable sport, bukan retro, hal ini sebenarnya juga nggak ngaruh jika desain produk 11 – 12 dengan produk yang telah ada. Justru desain yang out of box seperti Vespa 946 lah yang mungkin bisa membuat produk melakukan penetrasi yang lebih dalam dan lebih tahan terhadap perubahan waktu.

Nah bagaimana pabrikan menyikapi kondisi ini, kita lihat pada tahun 2013 nanti, apakah akan diberhentikan produksinya atau dipangkas segmentasinya menjadi hanya satu desain unit sajahhh :mrgreen: :mrgreen:

4 comments on “Opini : Pasar Matik Retro mulai jenuh ?!?

  1. Ping-balik: Opini : Matik Retro = Scoopy diuntungkan sebagai first mover ?!? | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s