Opini : Mio Soul GT Street vs Beat FI CBS

Di ajang JMCS 2012 Yamaha Indonesia mengeluarkan Matik andalan mereka Mio Soul GT dengan varian Street Series, yang ditujukan untuk anak muda dengan tagline “Keren, Lincah, Irit”, Impresi yang hendak mengikuti desain mobil sport.
Sama dengan Mio J teen yang hendak menggoreng pasar kawula muda, tetapi dengan kontur desain berbeda yaitu lebih machoo dengan tampang berotot.


Di satu sisi kompetitor terdekat, Honda, membuat lawan yang sepadan untuk Mio Soul GT Street ini apalagi kalau bukan New Beat FI CBS, yang merupakan varian tertinggi dari New Beat FI yang baru saja diluncurkan oleh AHM.
Bagaimana jejak persaingan kedua pabrikan di segmen ini coba TB breakdown satu persatu.
1. Desain, desain adalah faktor subjektif sehingga ini tergantung individu masing-masing dalam menilai, hanya saja Yamaha Mio Soul GT membuat desain lampu yang terinspirasi mobil-mobil sport dan garis desain sport street car dengan detail carbon look.

Oya gambar soul GT nya bukan yang street series, tetapi spesikasi mesinnya sama dengan soul GT yang telah lebih dulu hadir.
Melihat spesifikasi yang ditawarkan, terlihat bahwa memang Beat FI CBS dengan sengaja ditumburkan dengan Mio Soul GT yang juga notabene memiliki mesin yang sama dengan Mio J.
Disini jika dicermati dapat terlihat bahwa dengan kubikasi yang lebih kecil 108 vs 113,7cc Beat FI memiliki tenaga lebih besar dari Mio Soul GT (8,52PS vs 7,75PS). Yang menarik adalah Beat FI CBS yang telah dilengkapi dengan tambahan fitur CBS plus bagasi yang lebih lega dan lebih bertenaga justru di banderol lebih murah dibandingkan dengan Mio Soul GT (Rp.13.500.000,- VS Rp. 14.050.000,-) :mrgreen: :mrgreen:
Sooo silahkan dipilih sesuai dengan keinginan hati masing-masing 😀 ;-D

113 comments on “Opini : Mio Soul GT Street vs Beat FI CBS

  1. saya sangat bingung Dengan Yamaha , kenapa Harga lebih Mahal ? Padahal kalo dilihat dari Desain , Jujur saya lebih Sreg Beat FI dan soal fitur Saya rasa sangat jauh sekali dengan Beat FI tapi kenapa malah Harga Mio Soul lebih Mahal ?

    Suka

  2. secara desain lebih sreg soul gt, terkesan rapi, padet & cuma minus ban mini 🙂
    kalau new beat terlalu kaku & tentu saja masih bletak jdaarrr :mrgreen:

    Suka

  3. beat keren sih.. tapi sayang jok’e uatos buanget…
    kek duduk diatas batu kali.. baru 40 kilo jalan udah puanasssss… 😆

    kalo mio lebih empuk, tapi shocke uatoss juga… kalo ketemu jalan jelek,.. wah.. loncat2 😆

    penakan numpak livina :mrgreen:

    Suka

  4. yamaha mahal krna kwalitasnya bro..jgn hanya melihat spesifikasinya aja..belajar dari kasus new jupiter z vs new honda blade yg dibandrol lbih murah plus fitur RDB jelas scara kasat mata NHB terlihat lebih unggul & NJZ terlihat overprice..tp apa yg trjdi selanjutnya??alasan knp NHB dibandrol lebih murah dri NJZ baru ditemukan stlah produk tsb jatuh ketangan konsumen..body tipis,sering getar,stoplamp kendor,body yg kurang presisi,mesin kasar..itulah keluhan para user NHB,..”PASTI ADA UDANG DIBALIK MURAH” & “HARGA ADALAH KWALITAS”

    Suka

    • gua new blade rider bro…
      jujur impresi gua pake new blade ga seperti yang low omongkan !!!!
      udah sekitar satu setengah taun ini gua pake ni motor, km nya uda 25ribuan dan gak ada gejala bodi bergetar apalagi mesin kasar,,,mesin masih halus SAMA dengan saat masih BARU !!!…stoplamp oblak??coba deh low perhatiin mana oblaknya???yg ada punya njz karbu yang sering manggut2..
      masalah performa mpe sekarang gua gak pernah yang namanya balapan dikalahin ama semua gen jupiter z, kecuali gen jupie mx !!! gen jupiter z selalu ejakuasi dini saat high rpm….bladeku mulai ngacir eh jupi udah kehabisan tenaga..bablas dah..
      knapa honda bisa murah???karena honda pintar main common part dan itu dilakukan dengan modal yg besar, silahkan anda belajar hukum produksi dan ekonomi supaya paham masalah ini…
      masih gak percaya???ayo sini mari coba new bladeku brooo…..balapan juga kalo perlu..wkwkwk

      Suka

      • misi gan … kebetulan gue joki jupiter MX 150cc jebolan bengkel ” paijo Speed” yg jg ( penumbang FU150 ) boleh jg tuh coba Blade ny yg ktanya selalu menang melwan Gen Jupiter.. klw berani siiihhcc….

        Suka

  5. hihihihi, black campaign yamaha juragan? udahlah biar konsumen yang menentukan, antara model n kualitas sama2 jepang punya, tapi bedanya yang satu hobi produk masal qc jelek puol, yang satu lagi qc bagus dgn harga yg kata orang overprice tapi liat aja keawetannya

    Suka

  6. milih GT aja, lebih berkelas kayaknya,
    mungkin fitur lbih banyak beat FI, tapi kualitas fiturnya gak yakin, bcoz: ada harga ada rupa, kemarin adik beli vario125 16,75jt ane perhatiin body2nya, haduh…memelas gua, mahal2 cuman dikasih body ringkih banget….kalo diadu sama suzuki Rc100 yakin remukk….

    Suka

  7. Kalo menurut saya Soul GT memang mempunyai rival, yaitu BeAT FI.
    Dari segi desain, BeAT FI kalah jauh dibanding Soul GT, desain BeAT FI monoton dan gitu2 aja, sedangkan Soul GT Lebih Macho, Sangar, dan cocok buat para Pria Sejati..
    Dari segi Fuel Injection juga Soul GT lebih unggul, kebayang ga kalo teknologi pada MotoGP dibenamkan di matic ini?
    Yupps… YMJET-FI ( Yamaha Mixture Jet Fuel Injection ) membuat tarikan semakin kencang, dan lebih irit BBM…
    Kenapa Saya lebih dukung Soul GT? Karna saya pengguna Soul GT,, 😀

    Buat kalian yg pake Soul GT, ayo gabung di Soul GT Club Indonesia ( SGCI ) di daerah masing2. Kalo aku di bandung.
    Group FB : Soul GT Club Indonesia (SGCI)

    Suka

  8. saya milih soul gt lakh,,,,rang saya belinya soul gt…larinya brayyy,,,mantapzzzzzzzzz,,,,,,,mpe badan gw linu semua…

    Suka

  9. aahhhhh…….jelek semuaaaaaanya !!
    soalnya masih pake bensin alias BBM…..ngabisin SDA (Sumber Daya Alam) aja…
    coba cari sumber energi yg lain gt….motor bahan bakar AIR gt (hehehe..kl ada yg nemuin caranya)

    Suka

  10. Matic: mio J Teen / WTF 125 (galau)
    Bebek: New Blade Racing edition / New Jupie MX striping 2012 (beda kelas)
    Sport naked: Byson / CB150SF (galau)
    Sport fairing: ninja 250fi / cbr150r (beda kelas)

    itu pilihanku, mana pilihanmu???

    Suka

  11. Kl bebek aku pegang yamaha. body kenceng dan bandel tenan. tapi kl matic jelas honda. matic yamaha? nggak dech. kl mau jalan kayak orang mau e’ ek. kebetulan di rumah ada mio fi dan beat fi. matic yamaha enggak dech.

    Suka

  12. soul gt jauh lbih keren ,,macco,,mesin dna vixion,,,pake porget piston dn diasil silinder,,so pasti awet,mesin gx mudah ancur,,beda ama beat,,pasang acu nya dibawah,,,kena banjir pasti bermasalh,,

    Suka

  13. Hahahay. .
    di daerah gw tukang ojek pada pake beat,
    justru anak mudanya malah pada pake mio j dan soul GT. .

    Gw si naksir sama beat,
    tpi w takut d sangka tukang ojek nantinya. .

    hihihi. .
    B-)

    Suka

  14. Ping-balik: Opini : Mio GT penjegal Beat Fi CBS | Teras Belitong Blog

  15. Wajahnya Soul GT kayak Gundam Sazabi, bukan kaya dodge Camarro…Soul Gt ku warna purih bukan yang street….Kelemahan Soul GT ada suara aneh dimesin dipacu diatas 30, shock depan kayak mati, lampu depan nyala terus, dipacu max baru sampe 90. kelebihan…tarikan 0-60 cepat banget, lincah dibanding mio karbu. kalau Beat belum pernah coba…share kelemahan kelebihan beat…

    Suka

  16. kenapa begini…kenapa begitu….beli motor sama aja beli kucing dalam karung…untung2an, klo dpt bagus ya awet, klo dpt yg jelek ya kebengkel melulu….smoga beruntung…

    Suka

  17. gua beli GT, baru make 3 bln dah di sabet maling, beli lagi vario cw produk 2013, dipake nongkrong gua disamperin garong dan bablas lagi, kini beat pgmfi cbs, ga ngaruh yg penting bisa jalan jauh. semua teknologi ada kelebihan dan kelemahanya, tergantung yg makenya, ramah lingkungan & mendukung penghematan, begitu kah..

    Suka

    • Alasan memilih motor honda:
      1. Mesin awet dan tangguh.
      2. Irit BBM.
      3. Desain yang menarik.
      4. Performa mantap.
      5. Harga purna jual tinggi.
      Itulah fakta, dan yang menilai masyarakat (masyarakat cerdas dan pintar).

      Suka

  18. Ping-balik: Gaya Honda, Update sebelum muncul Varian baru | Teras Belitong Blog

  19. gue sih tetep milih beat fi dari pada mio soul gt yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Suka

  20. saya punya soul gt Street. lari nya kaya kuda broo….. udah saya tess ama beat fi. lari nya beat fi kalah jauh ma soul gt saya…. di tambah cat nya lebih baik ama beat fi…

    Suka

  21. Klo saya baru beli new Mio GT nich mas bro…design serta kestabilan body + performa mesinnya keren bgt … pastinya ngacir cuuuy, sy jg msh ada mio cw 2010 std… sdh terbukti kekuatan mesin + bodynya, dihajar abis-abisan segala medan termasuk banjir2an (plus sering lupa/kelewatan ganti Oli/service) tp performa mesin tetep yahuud…sdh 3 thn blom ganti busi tuh… Viva MIO

    Suka

  22. Yg jelas Mio lbh unggul dikekuatan dan keawetan mesin dan body…mau digeber abis2an jg mesin ga bakal jebol dan body ga bakal getar bunyi2…

    Suka

  23. Alhamdulilah dah beli soul gt street
    Ternyata oke punya.. Mantep moga aweett
    Agan2 yng punya club soul gt ikutan donk tp khusus bandung ye soal nya ane d bandunng

    Suka

  24. Keluar Mio soul GT varian baru lho… abu2 keren.. ala mobil2 mewah..
    abu2 merah abu2 putih, abu2 biru.. pengen beli.

    Suka

  25. yg jelas memilukan gan…w pake soul gt yg jlas2 mnurut w keren tp w terasa sndiri yg pake ni motor di kota w…sedihhhh….

    Suka

  26. Dari dulu pake mio…dr thn 2007 ampe skarang ttp OKE, trus skarang beli mio soul GT street kuning terbaru, seneng krn dah tau kualitas yamaha mio…jadi ng akan mau pindah ke lain hati lagii…krn mioku yg dulu ng pernah rewel dan the best…..produk mahal itu pasti tergantung kualitas produknya.. love yamaha…..

    Suka

  27. Gue punya Supra X 125 ga pernah nabrak n jatuh tapi body ancur smua, padahal vega adik dah 8 taun ga ada masalah ama body, jadi illfeel beli honda…

    Suka

  28. seru banget nih artikelnya, yg komen jg pny pendapat masing2, ane skrg sedang proses jadi area Marketing development yamaha. menurut agan n sista smua, apa sih yg harus dilakukan buat meningkatkan pangsa pasar yamaha khususnya di area jateng DIY.
    Makasih kalo pada ngasih pendapatnya gan

    Suka

  29. Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
    Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
    Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
    Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras.
    Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
    Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
    Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
    Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
    Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
    Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
    Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

    Suka

  30. Udah pernah pada pernah tes ride soul gt blumm???
    masih enakan mio smile ku jauuhhhhh,..
    soul gt motor lelet, knalpot suara aneh,..

    Suka

  31. Udh gk ush pda ribet… Yg pasti matic oke buat gue…. Tpi lbih irit speda ontel bru top…

    Nb: gue milih matic beat dri honda…….
    N buat yamaha matic no.. Klo new v-ixion oke gwe ska..

    Pliss sob jgn brisik ntar pada bangun xixiixixixixixixixix

    Suka

  32. Honda ??? Beat ??? Aki gonta ganti 3 bulan skali -_- akhirnya ?? JUAL ! AHASS ga semua bagus .. banyak yang abal abal .. Service Centre Yamaha, ga ada yang kecil kecil kaya AHASS and part yamaha selalu ready 😀 so jawabannya Yamaha .. tapi ane ga pernah pke mio .. tapi yamaha Vega ZR .. mesin ? ajibbb .. Vega ZR selalu dihati .. sekarang mau dijual juga .. Ganti Ninja 250 FI ABS 😀

    Suka

  33. Kenapa beat laku….uang muka yg murah,cicilan murah,tenor yg lama,…..???
    Mindset masyarakat honda irit,jual kembali laku tinggi,service gampang,sparepart gampang….???
    Tapi q angkut soul gt………?

    Suka

Tinggalkan komentar