Opini : Menakar kemampuan Xeon injeksi vs Vario 125

Official site Yamaha Japan telah menginformasikan akan rencana rilis Mio125i di Thailand, kemunculan penampakan di web tersebut bersamaan dengan beredarnya spyshoot di Indonesia, melihat hal ini tentu indikasi kemunculan Xeon injeksi pun terasa tidak akan terlalu lama, entah hanya launching dahulu trus menunggu waktu untuk indent atau bisa langsung dipesan saat dilakukan peluncuran.

Tetapi dibalik semua itu hal yang sesungguhnya ditunggu oleh TB adalah dengan apa Xeon 125i ini dipersenjatai oleh Yamaha, yang tentu di Indonesia akan menghadapi rivalitas dengan Honda Vario 125.
Nah berkaca dari apa yang disampaikan pada website Yamaha Global tersebut maka paling tidak ada 4 Kelebihan yang dimiliki Mio 125i ini yaitu :
1. Penggunaan sistem injeksi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Teknologi yang mengimplementasikandua katup kupu-kupu di throttle body. Pada putaran rendah satu katup kupu-kupu akan terbuka mengalirkan udara lewat selang air assist. Fungsinya memberikan suplai udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Teknologi ini diklaim oleh Yamaha membuat motor lebih irit dan karakter akselerasi yang halus.

2. Transmisi yang lebih halus dan menyesuaikan dengan inputan bukaan gas sang pengendara.

3. Pemilihan ban dengan memperhatikan tingkat rolling resistance rendah akan menyebabkan kemudahanan dalam berakselerasi dan akhirnya membuat kenyamanan dan efisiensi bahan bakar membaik

4. Bobot yang berkurang 3 Kg dari versi sebelumnya juga memberikan implikasi handling yang semakin .

Yang menjadi pertanyaan TB adalah dengan paling tidak 4 kelebihan tersebut apakah jika memang spesifikasi Mio125i Thailand sama dengan Xeon Injeksi di Indonesia nanti akan mampu bejaban dengan the most fantastic skutik 125 ride the future, Vario 125.
Keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Mio125i adalah keunggulan yang tidak dapat dirasakan langsung oleh first buyer customer, bahkan customer yang saat ini juga telah memiliki Xeon 125 versi karbu pun belum tentu dapat dengan gampang merasakan perbedaannya.
Di sinilah hal mesti disadari oleh Yamaha, bahwa konsumen lebih ngeehh jika fitur yang disematkan berupa hal-hal yang dapat dirasakan dan dilihat secara langsung oleh konsumen.
Nah jika memang YIMM tetap merilis Xeon Injeksi, sama persis denga Mio125i yang telah dikabarkan pada situs Yamaha Global, maka potensi untuk membalikkan keadaan menjadi penuh tantangan dan rintangan yang tidak mudah.
Penguasaan pasar hanya akan berkutat didaerah yang memang selama ini dikuasai, dan potensi semakin susutnya penguasaan pasar bisa dengan ekspansi kompetitor dengan produk yang menawarkan value yang dapat langsung dicoba oleh konsumen.
Akhirnya seperti yang pernah TB sampaikan di sini maka Xeon kans nya masih sulittt…!!! :mrgreen: :mrgreen:

11 comments on “Opini : Menakar kemampuan Xeon injeksi vs Vario 125

  1. Ping-balik: Opini : Yamaha mulai memperkokoh diri di wilayah kekuasaannya | Teras Belitong Blog

  2. iya, sptnya konsumen kebanyakan lebih suka dengan fitur + model, ketimbang performa. akan sulit bertarung dengan vario 125, apalagi kalau vario keluarin idle stop system di vario terbarunya 😀

    Suka

      • tp bener lho… vario emang gak ada tenaganya sama sekali.
        beberapa kali sy pinjem motor skutik tmn2 sy yg dr honda, pas sy coba tarikannya gak ada sama sekali. lelet.
        mau bandingin mesin sama xeon, gak mampu deh kayaknya. sy aja yg masih pake xeon karbu masih ngerajain jalanan buat para matic. bahkan FU aja gak bisa ngejer (di jalanan tapi)

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s