Opini : Marketing strategi SANGAT RAHASIA tidak akan pernah dishare bahkan keinternal pun

Dunia pemasaran sangatlah menarik kadang-kadang juga mirip-mirip filem spionase yang saling mengintai strategi lawan, menterjemahkan gerakan lawan, serta mempersiapkan serangan balasan dari serangan lawan. Semua dilakukan untuk memperoleh kemenangan dan menjaga kemenangan agar berfungsi untuk memperoleh kemenangan kemenangan selanjutnya.
Banyak orang yang merasa pede dapat mengetahui gerakan suatu perusahaan hanya karena merasa dirinya dekat dengan orang dalam suatu perusahaan sehingga seolah-olah mereka serba tahu bahwa apapun gerakan perusahaan informasinya dapat mereka peroleh dengan kedekatannya dengan orang dalam tersebut.
Biasanya suatu perusahaan yang sudah mapan melakukan klasifikasi setiap informasi yang beredar di dalam perusahaan tersebut, biasanya pembagian informasi tidak terlepas dari kepentingan bisnis perusahaan tersebut. Dan biasanya pelanggaran terhadap klasifikasi informasi ini akan mengakibatkan sangsi keras dan tegas.
Biasanya perusahaan akan membagi klasifikasi informasi dalam beberapa bagian :
1. Publik Akses
Pada tataran ini informasi boleh diakses siapa saja entah pekerja, maupun konsumen. Contohnya : brosur suatu produk, promosi produk dll

2. Internal Perusahaan
Pada klasifikasi ini informasi hanya boleh diakses oleh internal perusahaan saja, tidak ada akses publik di sini. Contoh : SOP, Service Manual dari suatu produk dll

3. Confidential
Di level ini informasi menjadi sangat rahasia, dimana hanya unit kerja tertentu dan level pejabat tertentu saja dalam perusahaan yang boleh mengakses informasi ini

4. Strictly Confidential
Disinilah tatanan tertinggi dari informasi dari suatu perusahaan, hanya jajaran top level manajemen yang dapat akses terhadap informasi ini, biasanya informasi ini adalah informasi-informasi yang berkaitan dengan strategi perusahaan, kelangsungan usaha dan banyak hal yang apabila tersebar luas akan mempunyai efek yang cukup dahsyat untuk perusahaan.
Strategy marketing merupakan bagian dari klasifikasi informasi jenis ini. Pada level ini, jelas informasi sangatt tidak mungkin botjor karena pada jajaran ini alias ring satu kebocoran informasi sangat sangat jarang terjadi. Karena memang pada ring ini semua sudah mapan dan tertata dengan baik.

Nah berkaitan dengan katagori informasi dan pengelompokan informasi diatas, maka sangattt sulit jika kategori informasi masuk ke strictly confidential untuk mengalami kebocoran akibatnya apapun yang dilakukan jika tindakan tersebut masuk ke kategori ini, maka penyamaran adalah hal yang sangat wajar dilakukan, pengalihan perhatian salah satunya.
Sehingga kejelian lah yang menjadikan celah untuk mengetahui gerakan sesungguhnya bukan bertanya pada orang dalam perusahaan karena jikalau kita mengenal pejabat di level satu pun tetaplah informasi tidak akan dengan mudah didapat.
Kejelian dan mempelajari pola dari gerakan marketing dari suatu perusahaanlah yang akan membuat kita dapat melakukan prediksi atas strategi pemasaran suatu perusahaan. Karena jika memang perusahaan memiliki keteraturan yang sempurna,baik produk, pemasaran dan administrasi tentu akan ada pola semu yang dapat dipergunakan untuk meramalkan gerakan suatu perusahaan di masa-masa yang akan datang.

2 comments on “Opini : Marketing strategi SANGAT RAHASIA tidak akan pernah dishare bahkan keinternal pun

  1. Ping-balik: Opini : Bisakah kemunculan CB15A1RRF M/T di JCMS 2012 memukau penikmat roda dua ? | Teras Belitong Blog

  2. Ping-balik: Opini : Riding More Fast Than Lightning | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s