Opini : Xeon FI perlu lebih dari sekedar ganti baju..!!!

Pasar skutik memang sangat menarik bagi ATPM roda dua di Indonesia, akibatnya ATPM pun rela bertempur habis-habisan agar dapat merengkuh sebanyak-banyaknya penguasaan pasar segmen ini. Lihat saja di segmen matik 125cc bagaimana keberhasilan Vario 125 menumbangkan dominasi Yamaha Xeon

Apa yang terjadi pada Vario 125 seharusnya menjadi pembelajaran penting bagi Yamaha dalam melakukan desain ulang Xeon baik mesin maupun fitur-fitur lainnya. Jangan pernah takut jika dikatakan meniru jika itu merupakan poin positif bagi sang produk.
Karena sudah menjadi mindset konsumen Indonesia bahwa fitur tidak berada di mesin (diasil silender, piston tempa), tetapi bagi konsumen Indonesia fitur ya kudu di luar mesin (CBS, Switch Standar, Helm in, ISS). Mindset jelas sulit untuk dilawan, sehingga jalan satu-satunya adalah tenggelam dalam mindset dan ikut menyajikan fitur yang ada tersebut kepada konsumen, dan juga tetap memberikan sisi lebih di sektor mesin(diasil dll).
Hal ini mesti Yamaha Xeon FI lakukan jika hendak bertanding dengan Vario 125 Fi. Lumrah saja kalau konsumen saat ini begitu antusias dengan Vario 125 Fi, karena memang Xeon karbu saat ini betul-betul tidak berdaya dengan segenap fitur yang disematkan pada Vario 125 FI. Kondisi ini kudu disadari dengan baik oleh YIMM, karena jika memang akan membuat Xeon FI menjadi kompettif butuh effort yang lebih dari sekedar ganti cassing dan desain lampu.
Karena sepanjang pengamatan TB ketika isu Xeon injeksi mengemuka, tidak terungkap satu fitur baru pun yang terendus di blogsphere kecuali yang memang sudah standar seperti sistem injeksi itu sendiri. Sedangkan yang lainnya cuma perubahan pada desain knalpot serta desain lampu depan. Ini tentu menjadi negatif bagi performa Xeon itu sendiri setidaknya jika sudah melewati masa 3 Bulan setelah peluncuran.
Nah apakah nanti Xeon FI akan mampu membuat gebrakan untuk menyaingi Vario 125, karena Vario 125 pun masih memiliki satu amunisi yang cukup kuat yaitu Idle Stop System, Kita tunggu sama-sama Mas Bro, silahkan diakselerasi dengan pendapat-pendapat dari Mas Bro dan Mbak Sis mengenai tulisan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s