Opini : Kawasaki – Bajaj akan lebih greget jika kerjasama Produksi

Membaca berita di Motorplus ingatan TB langsung kepada Duo raksasa roda empat yang meluncurkan produknya bersama-sama dalam satu atap tetapi beda nama Toyota – Daihatsu, fenomena awal adalah bagaimana laris manisnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Strategi kerja bersama kedua pabrikan tidak terlepas dari kecerdikan mereka membaca keinginan konsumen Indonesia atas mobil keluarga yang murah dan terjangkau tetapi memiliki standar produksi internasional.
Kembali dengan dengan cerita Kawasaki – Bajaj yang telah menandatangi kerjasama penjualan sepeda motor. Bagi TB baik Bajaj maupun Kawasaki merupakan pabrikan yang bermain di ceruk pasar yang memang mereka ciptakan sendiri, lihat kekeuhhnya Bajaj tidak mau memproduksi cub, dan Kawasaki Indonesia yang tidak mau memproduksi matik, artinya pasar yang mereka tuju sudah jelas dan saling melengkapi, masing-masing pabrikan saling melengkapi. Jika Kawasaki bermain di sport menengah ke atas, maka Bajaj dengan pricing strategynya bernaik di segmen menengah ke bawah. Kedua duanya akan sama-sama diuntungkan dari sisi yang berbeda. Kawasaki akan memiliki produk yang dijual di diler mereka mulai dari segmen bawah ke atas, sedangkan Bajaj mendapatkan kekuatan brand imej Pabrikan Jepang yang sudah mapan dipasar Indonesia.
Tetapi sayang baik Kawasaki dan Bajaj tidak menyadari akan keunikan pasar Indonesia, bahwa pasar roda dua Indonesia tidak hanya sekedar ingin stiker maupun penguatan salah satu brand oleh brand lain yang sudah mapan.
Konsumen Indonesia justru pingin lebihhhh…!!! Bukan cuma nama tetapi fakta. Lihat kesuksesan Avanza Xenia ketika diproduk besama-sama oleh Duo Raksasa Jepang. Dan Bajaj juga kudu sadar bagaimana ditunggunya P200NS di Indonesia akibat hembusan informasi kalau motor tersebut adalah hasil kolaborasi dengan KTM Austria.
Coba dehh Kawasaki – Bajaj bikin motor sport 150cc dengan teknologi Injeksi dari Kawasaki dan harga Pulsar, dijamin deh moncerrrr !!!! :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s