Opini : Rossi back to Yamaha, implikasi dengan penjualan Yamaha Indonesia

Pengumuman kepindahan Valentino Rossi ke Yamaha Factory Racing disambut antusias fan VR46 tentunya paling tidak tumbuh harapan bahwa Rossi akan memberikan tontonan yang menarik pada ajang motoGP 2012, setelah kemandulan prestasinya bersama Ducati.

Salah satu yang bergembira adalah Yamaha Indonesia tentunya, karena memang pengalaman masa lalu bersama Valentino Rossi dalam membantu penjualan di Indonesia cukup memberikan dampak yang berarti bagi YMKI kala itu.
Lantas apakah dengan kepindahan Rossi untuk musim 2013-2014 di Yamaha akan berpengaruh pada kemampuan jual Yamaha di Indonesia ?? Ataukah sudah tidak berpengaruh lagi ?? Baiklah TB coba untuk menganalisa seberapa besar dampak dari come back nya Rossi ke penjualan Yamaha Indonesia.

Masih pantaskahh julukan The Doctor
Julukan the Doctor begitu melekat di VR46 karena kepiawaiannya dalam memberikan imputan kepada Tim untuk melakukan perbaikan terhadap tunggangannya. Ini dibuktikan bagaimana Rossi bersama timnya membangun YZR M1 menjadi motor yang terbaik saat ini di ajang motoGP. Tetapi selama 2 tahun di Ducati Rossi gagal total mendapatkan apa yang diinginkannya. Asumsi TB Rossi telah memberikan banyak imputan kepada enginer Ducati tetapi memang lambatnya progress yang dilakukan oleh tim Bologna ini membuat frustasi bagi Rossi sendiri.
Korelasinya dengan julukan The Doctor tentunya ada. Secara kasat mata tentu banyak yang akan mempertanyakan kembali pernyataan VR46 “Skill pembalap lebih berpengaruh dari pada motornya” karena terbukti Rossi tidak mampu menundukkan mesin GP11 dan GP12.
TB mengasumsikan kembali bahwa di mata konsumen julukan The Doctor Rossi akan pudarr dengan sendirinya, nah inilah alasan kenapa TB pernah menyarankan Rossi tetap bersama Ducati melakukan pengembangan mesin GP series Ducati.

Imej Rossi masih cukup kuat
Walaupun julukan The Doctor akan memudar tetapi Rossi sebagai pembalap dengan skill yang mumpuni masih melekat di ingatan konsumen Indonesia. Selain itu gaya selebrasi Rossi ketika memenangkan perlombaan tentu sangatlah ditunggu oleh banyak penggemarnya, sehingga bagi sebagian fan apapun motornya yang penting Rossi pembalapnya :mrgreen: :mrgreen:

Dua faktor sederhana yang plus minus dari VR46 diatas bagi TB merupakan pertanda yang baik bagi penjualan YIMM di Indonesia, walaupun ada syarat lain yaitu Rossi kudu menunjukkan nilai kompetitifnya saat bersama Yamaha di motoGP 2013 dan 2014 nantinya. Karena dengan kemenangan tentunya menguatkan brand imej Yamaha itu sendiri disamping magnet VR46.

Tetapi juga ada hal lain yang mesti YIMM sadari bahwa konsumen Indonesia dari hari ke hari memiliki rasionalitas dan objektifitas semakin membaik, apalagi beredar blog otomotif R2 yang membahas dan mengulas produk dengan gamblang dan terbuka. Sehingga konsumen semakin tercerahkan pemahamannya. Sehingga YIMM tidak lah akan bisa sepenuhnya mengandalkan ambassadornya dalam menjual produk dan bersaing dengan kompetitornya.
Perlu bagi YIMM untuk mereview ulang fitur-fitur yang tersemat pada produk mereka, terutama tangible fitur yang betul-betul langsung dapat dirasakan oleh konsumen. Lihat bagaimana Vario 125 dengan leluasa melenggang menghantam Xeon tanpa perlawanan. Vario 125 fitur-fitur yang WOOWWW di kelasnya, dan menyematkan harga rasional dan setara dengan lawannya, walaupun hanya di branding dengan ambassador lokal sangat-sangat dengan mudah menaklukkan Xeon :mrgreen: :mrgreen:

Berhasilkahh YIMM memanfaatkan imej VR46 dengan meramu produk yang full fitur plus harga yang mumpuni ?? Bersama kita saksikan bagaimana sepak terjangnya di tahun 2013 mendatang, dan bagaimana Honda mempertahan dan membalasnya, sama-sama kita tunggu waktunya tiba…!!!

3 comments on “Opini : Rossi back to Yamaha, implikasi dengan penjualan Yamaha Indonesia

  1. Kalo Honda nanti mengeluarkan product yang full Fitur dan sudah PGM -FI trus di lanjutkan dengan strategi Price lebih murah…dan tentunya ATL – BTL nya…lebih di banyakin…kira-kira gimana…Mas Bro….di tunggu ulasannya….

    Suka

  2. Ping-balik: Steve Rapp Dapatkan Wildcard di MotoGP Amerika Serikat | motogpnews.biz

  3. Ping-balik: Spies Optimistis Naik Podium di Indianapolis | motogpnews.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s