Jualan Injeksi harus lebih dari sekedar irit..!!!

Gegap gempita motor dengan teknologi injeksi memasuk tahun 2012 ini sangat lah santer terdengar, terutama dari pabrikan garputala Yamaha dengan produk andalan mereka Mio J, walaupun sebelumnya mereka juga sudah memiliki produk unggulan di segmen sport yaitu Vixion yang telah menerapkan teknologi Injeksi.

Sebelum ini saya pernah menulis bahwa isu irit akan mengemuka di sini dan nggak butuh waktu lama ternyata diawal 2012, Yamaha mencoba untuk masuk ke mindset konsumen Indonesia lewat Mio J sebagai produk mereka yang irit dan juga bertenaga sehingga muncul tagline it’s Magic.

 

Apakah jualan injeksi cukup dengan irit saja ? Atau hanya irit plus performa ?? Atau lebih dari itu? Baiklahh saya punya beberapa pendapat mengenai hal tersebut.

Pertama adalah, Bahwa irit adalah bagian dari teknologi Injeksi dari pabrikan apapun  YA jawabannya, jadi irit boleh dikatakan akan melekat dibenak konsumen dengan injeksi, jika suatu produk roda dua telah tersemat teknologi injeksi maka irit menjadi mindset konsumen secara umum, tidak lagi tergantung pada pabrikannya, walau pun imej lama irit yang melekat pada Honda tetap sedikit banyak masih melekat.

Lantas jika memang sudah seperti itu, apa yang menjadi diferensiasi produk untuk lebih memberikan nilai lebih bagi konsumen ?? Tentunya pabrikan kudu cerdas dalam menjawab hal ini. Tetapi (IMHO) saya melihat Honda lebih siap kearah ini. Di saat pabrikan lain sedang euforia terhadap irit maupun performance, Honda telah mengemuka dengan konsep Helm-in yang mengusung fungsionalitas terhadap produk yang mereka keluarkan. Konsep ini nantinya akan menjadi barometer dan dipastikan akan ditiru oleh Pabrikan lainnya seperti halnya irit yang telah lebih dahulu melekat pada Honda.

Karenanya Spacy Helm in harusnya diarahkan oleh Honda (AHM) pada komunikasi fungsionalitas produk itu sendiri, sehingga akan muncul diferensiasi dengan produk kompetitor, ketimbang adu irit-iritan yang sudah basi..!!!

Spacy biru hijau

Dengan mengedepankan konsep fungsionalitas, maka arahan kebutuhan konsumen akan lebih jelas terpenuhi dan menyentuh sebagian permasalahan yang dihadapi konsumen, karenanya Honda dalam hal ini AHM kudu dengan gamblang menjelaskan bahwa skutik mereka tidak hanya mengedepankan efisiensi penggunaan bahan bakar tetapi juga fungsionalitas untuk mendukung aktifitas sehari-hari. Dengan upaya marketing yang bekesinambungan maka kedepan konsumen semakin cerdas untuk memilih kelebihan-kelebihan yang dimiliki skutik Honda. Sehingga akhirnya konsumen akan memilih skutik yang memiliki fungsionalitas dan efesiensi terbaik dan ATPM yang paling siaplah akan menjadi pilihan..!!!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s