Pertempuran mindset babak pertama : Mio J v.s. Vario 125cc

Beberapa waktu terakhir ini awan blogsphere R2 Indonesia diwarnai pertempuran dua pendatang baru di kancah motor matic asean tepatnya di Thailand yaitu Yamaha dengan Mio J, dan Honda dengan iClick 125cc disinyalir juga bisa menjadi Vario 125cc.

Ada warna yang menarik dari dua peluncuran produk pabrikan yang berbeda ini. Terutama adu strategi dan Implikasinya terhadap awal warna pertempuran Roda Dua di Indonesia..!!!

Jika kita melihat Honda Thailand dari awal sudah begitu yakin memperkenalkan 7 (tujuh) produk baru mereka hal ini kontras dengan AHM selaku ATPM yang begitu rapat menutup informasi mengenai segala jenis produk yang akan diluncurkan.

Tetapi kalau saya analisa sebenarnya ada semacam strategy global Honda untuk saling topang menopang dalam hal menanamkan mindset produk mereka di Dunia. Ketika diluncurkan iClick 125cc sebenarnya bersama dengan Spacy i, namun tentunya untuk kepentingan mindset maka hanya iClick 125i yang digembar-gemborkan dan dimuat situs world Honda .

Hal ini jelas dengan sangat mudah membungkam imej Mio J yang secara strata jelas di bawah iClick 125cc.

Yamaha pun sebenarnya kurang jitu langkahnya, karena bukannya mendahulukan peluncuran di Indonesia yang bergerak ke Zona Red malahan diluncurkan dahulu di Thailand. Ini jelas membuat Mio J menjadi tidaklah empuk lagi dan membuat konsumen di Indonesia di Nomer 2 kan. Padahal fakta yang ada jelas lebih punya Kontribusi Yamaha Indonesia ketimbang Yamaha Thailand. Seharusnya Yamaha belajar dari Langkah Honda yang secara cerdas meluncurkan produk mereka di Indonesia di Tahun 2011, bagaimana kasus Spacy, Honda New Blade, Supra 125 Helm in, Spacy Injeksi.

Peluncuran produk pertama sekali di Indonesia dapat  menggugah rasa nasionalisme dan kebanggaan tersendiri sebagai tempat dan pertama kali mencicipi suatu ATPM :mrgreen: :mrgreen: walaupun bukan produksi dalam negeri :-D. Sehingga mau tidak mau dapat semakin menguatkan penanaman mindset di konsumen Indonesia.

Akhirnya IMHO, untuk kasus iClick 125 dan Mio J, Honda menang 1 – 0 dalam hal mindset di Konsumen Indonesia, terlepas jika desain yang diluncurkan di Indonesia berbeda dengan di Thailand, tapi iClick 125 cc telah membuat konsumen melek informasi menunggu sang jagoan Honda ini meluncur di Indonesia. Wallahua’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s