Mengira gerakan Yamaha pada Tahun 2012 di Belitong

Weell Bangka Belitong adalah daerah kekuasaan Pabrikan Yamaha, percaya nggak percaya cobalah dilihat di jalanan Propinsi penghasil timah di Indonesia ini. Merk Yamaha begitu melekat di benak konsumen Bangka Belitong, begitu juga di Belitong sebagai bagian dari Propinsi Bangka Belitong, pulau Belitong yang terdiri dua Kabupaten yaitu Kabupaten Belitung dan Belitung Timur merupakan surga jualan bagi Yamaha.


Tentu sebagai penguasa pasar, Yamaha nggak rela jika lahan mereka diserobot kompetitor. Lantas ketika tidak rela apakah yang akan mereka lakukan ???? Agar tetap bertahan dari gempuran sang Penguasa Pasar Nasional !!!. Baiklah coba  saya breakdown langkah apa saja yang akan dilakukan oleh Yamaha dalam rangka mempertahankan pasar mereka..!!!

Plus Point :

– Yamaha di Belitong IMHO masih menguasai mindset konsumen Belitong, disinilah hal menjadi positif point bagi Yamaha itu sendiri karena mindset adalah arena pertempuran yang sesungguhnya dalam pasar Roda Dua, Dengan menguasai Mindset sebenarnya Yamaha akan lebih mudah untuk tetap menguasai Pasar yang ada di Belitong

– Jaringan 3 S

Jaringan 3 S Yamaha boleh dikatakan tersebar merata hingga ke pelosok kampung, ini juga akan menunjang Yamaha untuk tetap eksis di Belitong khususnya. Penambahan jaringan akan merupakan bagian dari usaha Yamaha untuk menutup celah bagi pesaing untuk leluasa melakukan penetrasi pasar yang ada.

– Distribusi New Produk yang cepat

Hal ini mungkin bagian dari strategi Yamaha sendiri untuk mempertahankan penguasaan pasar, dengan distribusi produk yang relatif cepat maka akan membuat mindset konsumen akan ketersediaan barang menjadi lebih mudah.

Minus Point :

– Produk selama tahun 2011 hanya mengalami refreshment sebagian besar, tidak ada perubahan yang mendasar pada lini produk Yamaha.

– Mindset Sebagai motor boros masih tetap melekat

Berpijak dari point plus minus tersebut ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh Yamaha di Belitong via main diler mereka.

Secara umum tidak akan ada banyak kejutan yang dilakukan oleh Yamaha, karena saya sangat maklum dengan rasa percaya diri yang tinggi Yamaha akan kedigdayaan mereka di Belitong. Tetapi akan terjadi beberapa poin yang menjadi agenda mereka antara lain :

1. Acara tahunan Yamaha berupa servis gratis dan berbagai macam tetek bengek akan tetap menjadi agenda utama mereka, dan timing waktu mereka akan lebih dahulu biasanya dari kompetitor terdekatnya. Penyelenggaraan acara akan menyebar menyerbu kantong-kantong Yamaha sehingga mindset di rural akan tetap terpelihara.

2. Peluncuran produk Injeksi mereka sebagai bagian dari kampanye Injeksi Yamaha akan menjadi agenda utama terutama pada segmen low end (Mio J) karena sebenarnya mereka telah didahului oleh sang kompetitor abadi mereka.

3. Meletak booth pada lokasi-lokasi strategis seperti Pantai Tanjong Pendam, pada event-event lokal maupun nasional.

4. Jaringan 3S tanpa hari liburrrr :mrgreen: :mrgreen: hari minggu bisa servis didiler Yamaha.

Sayang nya kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan Yamaha, hanya mengikuti skema nasional tanpa ada kreativitas lokal yang mumpuni, sehingga tidak terlihat strategi pertahanan dan serangan yang jelas pada skema pasar lokal. Ini sebenarnya bisa dengan mudah dikalahkan oleh kompetitor jika kompetitor jeli melihat beberapa plus minus point yang dimiliki Yamaha di Belitong.

Akankah Yamaha bertahan di Belitong, atau di 2012 Kompetitor terdekat mereka Honda mampu melakukan kudeta ???

Let’s See :mrgreen: :mrgreen:

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s