Apel mesti diberangus dengan Apel yang lebih baik

Pertempuran segmen roda dua matik di pasar roda dua Indonesia akan memasuki babak baru dimana  sinyalemen bahwa perlawanan kebangkitan Yamaha akan segera dilakukan diantaranya dengan melepas Mio Jet (Mio Injeksi)


Lantas bagaimana peta persaingannya ketika YMKI meluncurkan Injeksi buat produk Mio J. Sejumlah pihak menyatakan bahwa Mio J mesti melakukan diferensiasi dengan membagi segmen Mio J ke beberapa varian sehingga dapat meladeni produk tetangga secara apple to apple, secara sempit kelihatan itu merupakan strategi yang jitu tetapi sesungguhnya jikalau YMKI sampai melakukan permainan seperti itu maka sesungguhnya YMKI masuk kedalam permainan yang memang diciptakan oleh AHM..!!! Kok bisa ???

Coba kita cermati, bagaimana AHM menggelontorkan varian pada segmen skutik, setiap lini produk dibuat tidak sama baik, nama, desain dan tentu harga. Tujuan singkatnya apa ??? Agar kompetitor tidak mudah menjadi follower produk mereka, dan jika kompetitor tidak mampu menjadi follower maka mereka sudah mendriven agar kompetitor melakukan penetrasi dengan satu merk dengan beberapa varian, inilah perangkapnya. Kenapa disebut perangkap, karena AHM sudah menyiapkan peluru berikutnya sebagai penghadang gerak skutik tersebut.

Pertama adalah edukasi secara tidak langsung yang telah dilakukan oleh AHM selama ini, apa edukasinya ??? Lihat jumlah produk skutik yang digelontorkan oleh AHM, 6 varian dengan desain dan bentuk yang sama sekali berbeda satu sama lain, hal ini adalah edukasi secara tidak langsung  bahwa beda varian beda harga dan beda desain serta bentuk dan nama, jika YMKI menelorkan Moi J dengan satu cetakkan berbagai macam varian hal ini menjadi sasaran peluru yang amat empuk bagi kompetitor karena melawan mindset yang telah dibuat kompetitor dan sudah pasti tertanam duluan di benak konsumen. Hasilnya tentu tidak lah maksimal dan semakin membuat skutik YMKI terpuruk digencet habis-habisan dengan varian baru yang dikeluarkan kompetitor.

Lantas mau seperti Apa ???  YMKI tentu harus sangat menyadari kemampuan mereka sendiri kekuatan yang mereka miliki sampai batas mana, memaksakan untuk melawan pada semua segmen IMHO adalah hal yang mustahil dilakukan YMKI saat ini. Berpijak dari sini YMKI tentu sudah sangat mahfum bahwa Mio mereka masih sangat tangguh dan digdaya, inilah yang mesti dikembangkan, jika AHM punya Spacy dan Beat untuk menghantam Mio, maka Mio hanya perlu diupgrade sedikit untuk berjibaku dengan Spacy dan Beat, artinya akan ada Mio J yang tetap satu dan Mio sporty lama yang bermain dikelas yang sama, maka Beat dan Spacy tentu akan mendapat kawalan yang ketat pada kelas ini. Dengan Mio J yang lebih superior baik dari Spacy maupun Beat, alhasil komsumen tidak akan kebingungan dengan varian banyak tapi cuma gonta ganti baju :mrgreen: :mrgreen:

Jangan pernah lupa akan jargon YMKI yang tertanam pada konsumen bahwa Motor Yamaha adalah motor beraura balap, sehingga otomatis power Mio J kudu lebih baik dari kompetitor di segmen yang sama.

Hanya pendapat sederhana saya saja 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s