Pukulan balasan Yamaha 2012 tidak akan mudah..!!!

Tahun 2011 sudah menjelang saat-saat terakhir, peta kekuatan penjualan roda dua di Indonesia dan penguasaan pasar terlihat sudah pada tahap-tahapan akhir yang mau tidak mau suka tidak suka AHM akan menutup tahun 2012 dengan pencapaian yang gemilang.

Pada tahun 2011, Yamaha terlihat hanya berdiam diri saja, tak ada produk baru yang meluncur, hanya upaya facelift dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang hanya bersifat penopang sementara dari hantaman badai produk-produk AHM. Dan pada akhirnya beredarlah gosip yang menyebutkan Yamaha akan fightback di tahun 2012.

Mari kita berhitung apa saja yang MUNGKIN akan dilakukan oleh YMKI jika mereka betul-betul fightback di 2012.

Kekuatan yang tersisa dari Yamaha adalah segmen motor sport a.k.a batangan a.k.a laki. IMHO YMKI kudu bertempur habis-habisan agar singasana tetap pada genggamannya disini titik kemenangan Yamaha adalah jika berhasil memasukkan R-15 dengan penentuan Harga memukauu..!!! :mrgreen: :mrgreen: Karena memang sang Kompetitor sudah dapat dipastikan di tahun 2012 akan bertempur untuk merebut kelas ini. Dan tak tanggung tanggung informasi bocoran menyatakan bahwa AHM menyiap 3 Motor Sport baru ditahun 2012 . Nahh lhoo terlihat sangaaaddd ambisi AHM untuk merebut segmen tersebut.

Selain R15, kemungkinan lain adalah juga mendatang Fazer 250 sebagai maskot YMKI untuk segmen 250cc segera mungkin sebelum GW250 Suzuki masuk, karena jika lebih dulu maka Yamaha akan menang mindset untuk motor naked kelas 250 cc sebagai first mover.

Menaikkan kapasitas Byson telah menjadi rencana YMKI, dan ini perlu segera realisasi agar konsumen betul-betul terpuaskan dahaganya akan motor bergenre fazer ini. Sayang jika potensi ini dilepaskan oleh YMKI

Skutik adalah kekuatan yang kedua YMKI, karena sebagai first mover YMKI telah menguasai pasar Skutik dari awal diluncurkan sampai pada tahun 2011, di mana AHM berhasil mengkudeta penguasaan YMKI untuk pasar Indonesia.

Isu Fino dan Mio Injeksi sudah beredar, bahkan untuk Fino lengkap dengan Spyshoot unit dan test ride di jalan raya. Walaupun harus menelan ludah sendiri, Fino memang perlu YMKI masukkan untuk memuaskan dahaga konsumen akan skutik retro ini, tetapi hal ini jelas tidak akan mudah karena sang first mover Scoopy tentu tidak akan tinggal diam, karena sangat lah diyakini AHM telah menyiapkan tandingannya dengan berbagai cara baik dengan facelift produk maupun memunculkan Scoopy dengan pelek jari-jari, Edisi Khusus Scoopy seperti Edisi Manchester United dan banyak lagi difensiasi yang akan AHM buat yang perlu tentunya menjadi bahan evaluasi YMKI.

Mio Injeksi adalah kemungkinan produk berikutnya yang akan digelontorkan oleh YMKI, tetapi IMHO akan sedikit lebih berat karena AHM tahun 2010 disinyalir 2 bulan ke depan akan meluncurkan Spacy Injeksi, yang tentunya menjadi first mover Skutik entri level dengan sistem pengkabutan Injeksi. Mio menghadapi dua himpitan dua produk kompetitor yaitu Spacy dan Beat mau tidak mau memang Mio harus terus melakukan pembaharuan fitur agar dapat mengimbangi kompetitor.

Di Segmen skutik ini jelas akan relatif sulit bagi Yamaha mengambil kembali singasananya karena mengalahkan sang raja perlu waktu dan perencaan yang lebih cerdik dari pada apa yang telah disusun kompetitor, IMHO di sisi AHM sendiri telah melakukan penyusunan strategi produk, produksi dan pemasaran yang terintegrasi serta terpola untuk jangka waktu tertentu. Menyikapi ini YMKI perlu juha memiliki strategi yang terstruktur dengan rapi serta memiliki banyak opsi serta lebih cerdik dari kompetitor terdekatnya ini..!!!

Bebek jelas milik AHM dari awal dan punya kans sangat kecil dari dua segmen sebelumnya dibahas untuk bisa dikudeta dari YMKI, karena tahun 2012 nanti kemungkinan besar AHM akan memperluas pertempuran dengan juga merangsek kepasar yang sekarang sedang manis-manisnya dinikmati Suzuki Satria FU sehingga sudah dapat dipastikan AHM punya begitu banyak pelor untuk bertempur di segmen ini.

Selain itu juga moncernya New Honda Blade disinyalir akan teruss berlangsung di tahun 2012. Belum lagi Spacy Helm in sang bebek fungsional tetap akan merangsek pasar dengan sejumlah fitur yang terus terbarukan ditambah program gimneck yang tentunya akan terus menjadi salah satu senjata AHM disinyalir pada tahun 2012.

Kesimpulan

Menurut pendapat saya, akan sangat sulit bagi YMKI untuk fightback pada tahun 2012, karena AHM yang dihadapi bukan seperti AHM yang dahulu tahun 2007 mereka Hadapi, tetapi AHM yang sudah lahir kembali dengan sejuta strategi dan jurus-jurus serta produk yang inovatif untuk memanjakan konsumennya.

Tidak ada lain yang harus dilakukan oleh YMKI adalah untuk mempertahankan mati-matian segmen Sport, sambil menyusun strategi jangka pendek, menengah dan panjang sehingga segmen yang sempat terlepas bisa kembali direbut. Tentunyanya kudu lebih cerdas dari apa yang dilakukan kompetitor.

Salah satu kekuatan produk Yamaha yang mesti dipertahankan adalah desain yang selalu klop dengan otak orang Indonesia yang sebenarnya dapat menjadi kekuatan untuk lebihn banyak berbicara pada persaingan pasar roda dua Indonesia

Just My Simple Opinion

2 comments on “Pukulan balasan Yamaha 2012 tidak akan mudah..!!!

  1. Ping-balik: Skutik-skutik perlawanan Yamaha di 2012 | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s