Mengira-ngira gerakan AHM di tahun 2012

Persaingan perebutan pangsa pasar motor di Indonesia sudah dapat dipastikan akan semakin memanas di tahun 2012, sang raksasa Honda diwakili AHM di Indonesia sudah dapat dipastikan akan berjibaku untuk melakukan perebutan tahta motor sport di tahun depan

logo hondaDan seteru abadinya Yamaha tentu tidak akan tinggal diam, karena diyakini bahwa tahun 2011 ini mereka melakukan revitaliasi dan persiapan-persiapan untuk kembali eksis di tahun 2012.

Baiklah kiranya apa yang akan dilakukan AHM pada tahun 2012 nanti mari kita mulai telaah satu persatu dengan Informasi yang relatif minim berasal dari blog Kang Haji Taufik.

1. 5 Motor untuk 2012 = 2 bebek sport, 2 matic minor change, 1 sport 150 cc. Kemungkinan naked 250 cc (CBU)

Jika berkaca di tahun 2011 ini AHM dari awal tahun sudah unggul tanpa sekalipun terkalahkan bulan perbulan, apakah itu suatu langkah yang langsung jadi, tentu saja tidak, karena memang pondasi sudah ditanamkan dari tahun-tahun sebelumnya, dan sampai lah pada muara yang diinginkan oleh AHM yaitu Matic itu Honda…!!! Dan jujur itu suksesss…!!!

Gambaran 2012 jelas kita ketahui AHM pasti menginginkan kelas motor sport, apakah pijakan sudah dibuat, yess pastiii sudah..!!! Masuknya CBR150R dan CBR250R di 2011 menunjukkan upaya AHM untuk memenangkan mindset motorsport adalah milik Honda, ditambah kemenangan Casey Stoner pada Gelaran motoGP 2011 semakin memudahkan Honda untuk meraih mindset konsumen pada segment motor sport.

Di 2010 juga AHM menelorkan new mega pro (NMP) sebagai produk masalnya yang memang untuk dijual layaknya kacang goreng laris manis. Bahkan ketika spike bisa membungkam giant killer. Nah jelas lah sudah kalau di 2012 AHM akan berkonsentrasi untuk merebut pangsa pasar motor sport, dan memelihara kejayaannya disegment bebek dan skutik.

Hingar bingar isu frame trelis pada next sport  150 cc Honda di tahun 2012 sudah menunjukkan akan antusias konsumen dengan produk Honda yang betul-betul fresh ini, tidak ada sanggahan yang berarti yang ada hanya keinginan konsumen pada sektor harga yang terjangkau dan sudah dapat dipastikan ini sudah dipikirkan dengan matang oleh Honda.

Melihat dari apa yang menjadi permbicaraan berkenaan  dengan isu akan diluncurkannya motor sport 150cc dengan frame trelis, maka sudah kelihatan aura kesuksesan pada produk tersebut, dan pola yang akan diterapkan AHM berulang seperti tahun 2011, percaya atau tidak percaya AHM memiliki pola-pola tertentu yang bisa dipelajari ketika mereka berusaha menguasai setiap lini pasar roda dua. Ada teaser kemungkinan import Naked bike 250 cc,  banyak yang mengarahkan ke VTR250 CC, kenapa ??? IMHO belajar dari kasus Sport Fairing Honda di tahun 2011, dimana justru CBR250R yang terlebih dahulu didatangkan, nah apakah Naked Honda 250cc dulu didatangkan baru setelah itu peluru utama yang meluncur ??? Bisa jadi seperti itu, konsumen akan dibuat ngileerrr terlebih dahulu dengan Trelis 250cc, dan karena belum memungkinkan secara ekonomi akan membeli trelis yang 150cc :mrgreen: :mrgreen:

2. Bagaimana dengan Bebek ??? Isu suntik mati CS-1 terus bergulir bahkan survei di blog Mas Iwan Banaran  mengisyaratkan lebih dari 70% dari 651 peserta pooling berharap CS-1 disuntik mati :-D. Lagi-lagi suara konsumen jangan sekali-kali diabaikan jika tidak ingin keok dipasaran. Tentu AHM telah mempelajari bagaimana Suzuki Satria FU menikmati manisnya pasar bebek premium dan info menunjukan bahwa AHM pun terlihat tidak mau melepaskan potensi itu sedikitpun. AHM tentu akan mengisi celah yang yang saat ini diisi oleh Satria FU dan TVS Tormax, mungkin saja 2 varian bebek sport masing-masing mengisi celah yang telah dihuni oleh Satria FU dan TVS Tormax. Selain itu juga akan terjadi pembiaran pada Revo AT segment bebek matic, yang memang tidak lah gemuk tetapi tetap AHM tidak mengabaikan sedikitpun potensi yang ada.

3. Matik, era matik entry level akan mulai diperkenalkan di tahun 2012, tetapi AHM sudah mendahului di 2011 dengan Spacy Injeksinya  sehingga gelar first mover kembali tertancap dibenak konsumen. Di 2012 jelas AHM masih akan terus berusaha menghantam Mio Sporty agar dominasi Honda di matik tak tergoyahkan, Facelift sudah menjadi kewajiban agar produk terkesan segar dan baru. Dan masih adalagi segmen matik yang belum diisi oleh AHM yaitu diantara Vario Tekno dan PCX yang terbentang sangat jauh. Disini ada Air Blade yang bisa dimasukkan, nah apakah ini akan dimainkan oleh AHM di tahun 2012 ??? Air Blade sebenarnya punya potensi walaupun tidak terlalu banyak, yang pasti strategi rapatkan barisan pasti dilakukan AHM, meminjam istilah Meminjam istilah Blogger Senior Mbah Edo strategi Palugada (apa lu minta gua ada) 😀

Kesimpulannya : Strategi AHM akan kembali berulang seperti 2011, dengan dukungan finasial yang baik, AHM akan mengisi semua lini dengan jajaran produknya, beraneka varian akan digelontorkan untuk mengisi setiap celah mindset konsumen. Akan kah 2012 pangsa motor sport berhasil direbut dari YMKI oleh AHM, kita sama-sama saksikan, kata kuncinya cuma satu

Siapa Cepat Dia Dapat

2 comments on “Mengira-ngira gerakan AHM di tahun 2012

  1. Ping-balik: 2012 – Suzuki Satria FU kudu bersiap-siap | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s