Kenapa motor sport 125cc laris di Eropa..???

Tidak seperti di Indonesia, di mana motor sport a.k.a batangan yang berkubikasi 125 cc telah ditinggalkan oleh konsumennya, lihat saja Suzuki Thunder 125 yang melempem dari sisi penjualan padahal di awal peluncurannya boleh terbilang sukses.

Hal ini tidak terjadi di benua Eropa, motor dengan kubikasi 125cc begitu digemari di sana. Lihat saja pada website Yamaha Inggris, Honda Inggris, Hyosung Inggris serta lainnya boleh dikatakan motor sport dengan kubikasi 125 cc selalu tersedia. Apakah yang membuat pabrikan di Eropa masih menyediakan motor dengan kubikasi 125 cc ???

Tak lain dan tak bukan adalah aturan berkendara roda dua Eropa lah yang membuat sport motor 125 cc masih mendapat tempat di hati konsumen Eropa.

1. Kebanyakan Negara-negara di Eropa membatasi pengendara sepeda motor usia 16-18 tahun hanya boleh mengendarai sepeda motor dengan kubikasi maksimal 125cc dan memproduksi tenaga maksimum 11 Kw atau 14,75 Bhp, bandingkan dengan kita di Indonesia yang belum mengatur regulasi sedemikian detilnya

2. Selain itu juga, Jika seseorang telah memiliki SIM Roda 4 maka untuk mengendarai kendaraan roda 2 dengan kubikasi maks 125cc tidak diperlukan lagi SIM motor, sehingga menjadi praktis dan hemat bagi pengguna

3. Untuk pengendara dengan usia 18-21 tahun tidak ada pembatasan kubikasi tetapi yang dibatasi adalah tenaga yang dapat dihasilkan oleh motor sebesar 25 Kw atau 33,5 bhp, sehingga produk berikutnya yang akan dibeli adalah motor dengan kubikasi 250cc karena batasan tenaga yang dihasilkan.

4. Diatas 21 Tahun, pengendara tidak dibatasi dengan kubikasi dan tenaga yang dihasilkan tetapi sebelum menggunakan kendaraan tersebut maka harus melewati serangkaian ujian praktek untuk mengendarai kendaraan dengan minimum tenaga 33,5 bhp atau lebih.

IMHO dengan regulasi seperti inilah, membuat pengendara dengan kubikasi 125cc akan lebih mudah dan memiliki sisi praktis yang lebih, sehingga sangat lah masuk akan jika sport 125cc menjadi moncer penjualannya di Benua Eropa.

Just My Simple Opinion

One comment on “Kenapa motor sport 125cc laris di Eropa..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s