Penerapan Regulasi Oleh Pabrikan, mesti diberi Apresiasi

Dalam pasar roda dua, perubahan sedikit saja, bisa menjadikan pabrikan mesti hati-hati dalam menerapkannya dan mengkomunikasikan nya kepada konsumen.. Jika salah komunikasi dan kompetitor memberikan opsi maka bisa berpengaruh pada prospek bisnis produk tersebut.

Misalkan saja penerapan fitur Automatic Headlamp On a.k.a AHO a.k.a DRL terlihat walaupun sudah cukup lama UU Lalulintas no 22 tahun 2009 hadir tetapi penerapan penyalaan lampu utama pun belum terlihat dilaksanakan dengan maksimal.

Semua ini mesti didukung oleh semua pihak baik Pemerintah selaku regulator, maupun eksekutor, Pabrikan R2 selaku penyedia sarana, maupun konsumen selaku pengguna fasilitas dan objek dari UU tersebut.

Yang terbaik dari suatu aturan adalah pelaksanaan nya dilakukan atas kesadaran penuh pengguna dan pemakai aturan tersebut, sangat ideal namun hal ini memerlukan waktu untuk membuat orang perorang menjadi sadar dan taat aturan.

Cara  tergampang adalah langsung by design produk sudah comply dengan aturan yang ada, sehingga suka nggak suka aturan sudah jalan, misalkan saja, penerapan AHO, dengan desain standar pabrik yang memang sudah otomatis AHO maka kesadaran yang selama ini diharapkan telah terganti dengan penerapan dari Pabrik.

Disinilah letak keseragaman yang perlu dilakukan oleh Pemerintah selaku regulator, untuk menstimulus pabrikan roda dua mengeluarkan produk yang telah sesuai dengan standar aturan perundang-undangan yang berlaku.

Memang tidak dengan stimuluspun dapat dilakukan namun ujung-ujungnya juga hukuman bagi pengguna produk, semisal pasal 293 UU LAJ No 22 Tahun 2009 mengenai penyalaan lampu Utama Sepeda Motor pada Siang hari, namun alangkah eloknya jika koridornya tidak menghukum rakyat sendiri tetapi membuat rakyat nyaman dengan menstimulus semua pabrikan roda dua untuk memproduksi kendaraan dengan fitur AHO a.k.a DRL by default.

Just My Simple Opinion

One comment on “Penerapan Regulasi Oleh Pabrikan, mesti diberi Apresiasi

  1. Ping-balik: Di Belitong – Apakah Spacy dipilih karena fitur AHO ??? | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s