Opini : Kemenangan sport Honda sudah di depan mata

TB melihat bahwa tahun 2013 ini adalah tahun dimana Honda berusaha dengan strategi yang matang untuk menguasai segmen motor sport yang selama ini belum berhasil mereka rebut kembali setelah direbut oleh Yamaha beberapa tahun yang lalu.
Screenshot-2
Melihat data penjualan pabrikan Honda vs pabrikan Yamaha pada segmen motor sport tahun 2012 yang lalu dan melihat rencana target yang dibuat oleh Honda untuk produk sport barunya maka dapat dibuatkan analisa sederhana ala TB mengenai peluang Honda pada segmen sport di tahun 2013 ini. Data yang dijadikan bahan anilisa bisa Bro lihat di sini.. Dari data tersebut rata-rata penjualan untuk sport Yamaha minus NVL = 37.162 unit / bulan, dan Honda rata-rata perbulan selama tahun 2012 adalah 13.475 unit / bulan minus CB150R SF. Terlihat Yamaha begitu superior selama tahun 2012 lalu. Nah bagaimana dengan tahun 2013 saat ini sampai akhir Desember nanti. Baik coba kita lihat bahwa Yamaha mengalami puncak distribusi selama tahun 2012 lalu dengan angka 47.805 unit pada bulan September 2012, dan terendah pada bulan Desember sebanyak 25.875.
Dengan asumsi bahwa target penjualan CB150R SF sebesar 15.000 unit/bulan dan Honda Verza 150 sebanyak 12.500 unit perbulan,maka secara otomatis seluruh penjualan sport Honda akan bermain diantara 30.000 sampai dengan 40.000 an unit perbulan. Nah secara kumulatif angka ini tentu sudah dapat mengalahkan Yamaha jika Yamaha hanya bertumpu pada New Vixion Lightning.
Melihat kondisi ini tentu Honda harus bekerja keras untuk menjadi CB150R dan Verza on the track, serta segera mengupgrade NMP dan Tiger agar bisa memberikan tenaga bantuan untuk melakukan ekspansi pasar. Nah jika Honda berhasil melakukan tindakan menyeluruh diatas, maka kemenangan hitung-hitungan sederhana di atas kertas dapat diwujudkan ke dunia nyata :mrgreen: :mrgreen:

About these ads

4 comments on “Opini : Kemenangan sport Honda sudah di depan mata

  1. Pndpt ngawur saya:
    Itu CBR150R fi dan CBR250 fi dirakit di indonesia saja, pasti honda lgsg juara. Atau bikin dan rakit di sini juga motor sport 150 sohc 4 klep, dgn tampilan, power & fitur yg melebihi yamaha r15.
    Bikin motor di motogp yg hrga versi terbarunya (rc213v thn 2013), 12.1 milliar bisa, masa bikin motor sport harga dan cc yg cuma seupil ga bisa.. Atau ga niat? Hehehe.. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s