Menanti serangan Kawasaki pada segmen 150cc 4 stroke

Kepiawaian Kawasaki dalam meracik motor sport harian memang harus diakui, lihat saja upaya pabrikan hijau ini melakukan pengisian niche market membuat nama mereka sangatlah berkibar pada segmen motorsport tanah air.

Produk demi produk telah mereka luncurkan, legenda mereka dimulai dengan Ninja 150cc 2 stroke yang sampai saat ini masih ngacirrr penjualannya. Kemudian upaya diferensiasi dengan menghadirkan Ninja 250R dikelas 250cc yang kosong melompong saat awal peluncuran. Suksess…!!! Dan diikuti oleh kompetitor dengan meluncurkan Honda CBR250R.
Kemudian muncul lagi ER6 dengan harga yang menggiurkan pada segmen 650cc. Terlepas dari semua itu segmen sport gemuk secara kontribusi finansial ada pada kelas 150cc, pada segmen yang dikuasai oleh Yamaha Indonesia ini, bercokol jagoan mereka Yamaha Vixion.
Honda dengan upaya yang sistematis berusaha menumbangkan dominasi Yamaha pada segmen ini (dibahas pada segmen tersendiri). Nah ada satu pemain kelas motor sport yang sangaaattt perlu diperhitungkan, karena mereka memang berspesialiasi pada segmen ini. Cuma untuk segmen 150cc 4 Stroke, belum memiliki produk yang mengisi segmen ini, yaitu Kawasaki. Kecil kemungkinan Kawasaki akan melepas segmen ini, alias cabut dan tidak bertarung pada segmen ini, karena 150 cc memberikan fulus yang lumayan pada pabrikan. Pertanyaannya, bagaimana skema masuk Kawasaki pada segmen ini, apakah akan menelorkan produk head to head dengan CBR150R saat ini. Atau meramaikan segmen 150cc entry level, berperang habis-habisan dengan Vixion, Byson dan New Megapro.
Analisa TB lebih mengarahkan bahwa Kawasaki lebih memilih head to head dengan CBR150R karena segmen ini walaupun jauh dibawah angka penjualannya dibandingkan pada entry level kelas ini namun tidak akan membuat Kawasaki kehabisan nafas melawan dua raksasa jika bermain di entry levelnya. Real market 150 cc sport high end gabungan 4 stroke dan 2 stroke sekitar angka 3000an unit per bulan, dimana 4 Stroke CBR150R di angka 1000-an dan 2 stroke Ninja 150 diangka 2000an. Dan dengan bertarung di segmen ini tentunya Kawasaki tidaklah akan mau kehilangan imej motor sport mereka Ninja 150 – 2 strokenya. Untuk ini TB mensinyalir 4 Stroke Ninja 150cc akan memiliki power yang mungkin saja tidak akan kita duga seperti selama ini. Performance adalah harga mutlak dari setiap produk Kawasaki. Karena memang dari awal Kawasaki dikenal dengan hal tersebut. Tetapi juga jangan lupa Kawasaki pun telah memperhitungan tampilan yang ciamik pula, lihat bagaimana Ninja 250R muncul dengan desain yang luar biasa mengejutkan.
Sayangnya gerakan Kawasaki dalam membuat produk sama seperti Ninja itu sendiri, tak terdeteksi dan blassstt tau tau udah meluncur saja tanpa ada berita apa-apa.
Bagaimana serangan Kawasaki terhadap segmen 150cc, tentu nggak akan menunggu 2015 saat regulasi memberangus 2 stroke dari jalanan, silahkan dicermati dan dikomentari mas Bro :mrgreen: :mrgreen:

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s